STATUS WAKAF SAHAM PADA EMITEN YANG KELUAR DARI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)



STATUS WAKAF SAHAM PADA EMITEN YANG KELUAR DARI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)

                                                                        SKRIPSI
Diajukan sebagai Salah Satu Syarat
untuk Memperoleh Gelar Sarjana Hukum (S.H)
pada Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syari’ah dan Hukum
UIN  Sunan Gunung Djati Bandung

Oleh
M. E. Burhanudin
NIM 1133020116

Description: Description: D:\Pictures\Logi HMJ\uin editan.png



FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2017

LEMBAR PERSETUJUAN
WAKAF SAHAM PADA EMITEN YANG KELUAR DARI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)


Oleh :
M. E. Burhanudin
1133020116


Menyetujui;
Pembimbing I,





Dr. Hj. Neni Nuraeni, M.Ag.
NIP. 196610171999032002

Pembimbing II,





Drs. H. Asep Mustopa, M.Ag.
NIP. 196104281994031002


Mengetahui;


Ketua,
Jurusan Muamalah





Sofian Al-Hakim, M.Ag.
NIP. 197407261997031001
LEMBAR PENGESAHAN
Skripsi yang berjudul: “Status wakaf Saham Pada Emiten Yang Keluar Dari Daftar Efek Syariah (DES) ”, telah dipertanggungjawabkan dalam sidang ujian munaqasah Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, tanggal 21 Juni 2017. Skripsi ini telah diterima sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Hukum (S.H) pada Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Konsentrasi Hukum Bisnis Syari’ah.



SIDANG MUNAQASAH
Menyetujui;
                Ketua Majelis,





  Dr. H. Ahmad Hasan Ridwan, M.Ag.
NIP. 196804251993031001
         





Mengetahui;
                Penguji I





Dr. Siah Khosiy’ah, M.Ag.
NIP. 196207211996032001
          Penguji II





Hj. Diah Siti Sa’diah, S.Ag., M.Ag.
NIP. 197611112006042003

 
Motto:




Cintai Rasa Sakit itu
Karena Kamu akan membutuhkannya
Untuk Bangkit.
-: M. E. Burhanudin :-
RIWAYAT HIDUP PENULIS
M. E. Burhanudin dilahirkan di Pandeglang pada tanggal 23 Agustus 1996. Penulis adalah anak terakhir dari tiga bersaudara. Memiliki satu kakak perempuang bernama Siti Alus Sulasiah dan satu kakak laki-laki bernama Darkat Sudarjat dari pasangan Bapak Muhamad Ajar dengan Ibu Siti Suminah.
Penulis menyelesaikan pendidikan dasar di SDN Waringin Kurung 1 Pandeglang pada tahun 2007. Kemudian melanjutkan pendidikan di MTs Al-Mubasyirin Sajira di Lebak Banten pada tahun 2010. Pendidikan Madrasah Aliyah ditempuh di MAS Al-Ihsan Pandeglang Banten pada tahun 2013. Kemudian melanjutkan pendidikan tinggi di Jurusan Hukum Ekonomi Syariah  (Muamalah) Program Studi Hukum Bisnis Syari’ah, Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati, di Bandung pada tahun 2013-2017.
Penulis menyelesaikan Program Sarjana pada tahun akademik 2016-2017. Dalam penyelesaian studi akhir, penulis melakukan penelitian dan menulis skripsi dengan judul Status Wakaf Saham Pada Emiten yang Keluar dari Daftar Efek Syariah (DES) . Di bawah bimbingan Bapak Dr. Hj. Neni Nuraeni, M.Ag. dan Bapak Drs. H. Asep Mustopa, M.Ag.

ABSTRAK
M. E. Burhanudin  :      Status Wakaf Saham Pada Emiten  Yang Keluar Dari Daftar Efek Syariah (DES)
Wakaf merupakan salah satu instrumen untuk mengurangi kemiskinan yang bertujuan untuk keadilan sosial ekonomi. Konversi saham syariah menjadi wakaf untuk keperluan produktif atau sosial. Saham syariah memiliki kriteria tertentu yang diatur dalam peraturan otoritas jasa keuangan (POJK), dan diklasifikasikan dalam daftar efek syariah (DES). Emiten yang tercantum dalam daftar efek syariah (DES) dan mengeluarkan wakaf saham atau pun dividen kepada nadzir atau lembaga yang mengelola wakaf. Sebagai bentuk kontribusi untuk kemajuan ekonomi umat. Namun dalam pelaksanaannya banyak wakaf saham yang diterima dari emiten yang sudah keluar dari daftar efek syariah (DES), sehingga banyak wakaf saham yang masih belum jelas statusnya karena waqif (emiten) sudah tidak masuk kriteria saham syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, mekanisme investasi wakaf melalui instrumen saham syariah; kedua, karakteristik emiten yang sesuai dengan daftar efek syariah (DES); dan ketiga, analisis hukum ekonomi syariah terhadap wakaf saham bagi emiten yang keluar dari daftar efek syariah (DES).
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yaitu suatu penelitian yang diupayakan untuk mencandra atau mengamati permasalahan secara sistematis dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat objek tertentu. Penelitian deskriptif ditujukan untuk memaparkan dan menggambarkan dan memetakan fakta-fakta berdasarkan cara pandang atau kerangka berfikir tertentu.
Wakaf saham adalah wakaf yang dikeluarkan oleh perusahaan (emiten) berupa efek/saham yang sesuai dengan kriteria syariah, baik berupa wakaf uang yang diinvestasikan melalui saham, wakaf saham melalui uang, wakaf uang yg disusun dalam skim saham sebagai penyertaan dalam wakaf ataupun wakaf saham milik berupa wakaf atau deviden (keuntungan) 
Hasil dari penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan: pertama, pelaksanaan wakaf saham di Tabung Wakaf Indonesia (TWI) sudah sesuai dengan kriteria syariah dan juga telah terdaftar di Badan Wakaf Indonesi (BWI). Akan tetapi, masih adanya perusahaan (emiten) yang tidak sesuai dengan kriteria syariah yang telah mewakafkan sahamnya; kedua, terdapat emiten yang telah mewakafkan sahamnya, namun belum sesuai dengan kriteria daftar efek syariah (DES); ketiga, pelaksanaan wakaf saham telah sesuai dengan UU No. 41 tahun 2004, namun belum diatur secara spesifik terkait dengan wakaf saham. Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memperoleh temuan bahwa adanya wakaf saham dari emiten yang tidak sesuai dengan kriteria syariah  disebabkan karena belum adanya ketentuan khusus yang mengatur wakaf saham, sehingga dalam pelaksanaannya berjalan tanpa aturan yang spesifk. Peneliti menyarankan hendaknya pemerintah dan Badan Wakaf Indonesia segera membuat Undang-undang dan peraturan tentang wakaf saham dan standar operasional prosedurnya agar wakaf saham berjalan semestinya dan mampu memberikan manfaat bagi kemajuan ekonomi umat..  



KATA PENGANTAR

Bismillahirahmaanirrahim
            Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan hidayah serta kehendak-Nya penulis dapat menyelesaikan skripsi ini, tak lupa shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada junjungan Nabi besar Muhammad SAW, yang mana telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan pengetahuan dan penerangan jalan dalam menuju ridha-Nya, kepada keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang telah berjuang memelihara agamanya.
            Skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh penulis untuk mencapai jenjang kesarjanaan pada jurusan Muamalah Fakultas Syari’ah dan Hukum Universitaas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.
            Penulis menyadari sepenuhnya bahwa penyusunan skripsi yang berjudul STATUS WAKAF SAHAM PADA EMITEN YANG KELUAR DARI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES)ini masih banyak kekurangan dan kesalahan sehingga masih jauh dari kesempurnaan, baik dalam metode, isi, serta kemampuan yang penulis miliki. Oleh karena itu penulis sangat berkenan untuk dapat menerima berbagai saran dan kritik yang membangun demi menuju kearah yang lebih baik lagi.
            Dalam usaha penyusunan skripsi ini, penulis tidak melupakan bantuan dari berbagai pihak yang telah meluangkan waktunya yang berharga hingga skripsi ini dapat terselesaikan. Oleh karena itu, dengan rasa hormat dan ketulusan hati, penulis ingin menyampaikan rasa terima kasih yann sebesar-besarnya kepada:
1.      Ucapan terima kasih yang tulus dan tak terhingga untuk almarhum Ayah dan Bunda ku tercinta yang senantiasa memberikan dukungan moril maupun materilnya, daku ucapkan berjuta terimakasih. Simpuhan raga ini tak mampu membalas semua kasih sayangmu Ayah dan Bunda. Do’a dan motivasinya luar biasa menyentuh, semoga Allah melimpahkan rahmat, hidayah, serta kasih sayangnya untuk Ayah dan Bunda ku tercinta, semoga kita berkumpul kembali di jannah-Nya aminnn.
2.      Dr. Ah. Fathonih, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
3.      Sofyan Al-Hakim, S.Ag., M.Ag., sebagai Ketua Jurusan Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah) dan juga bapak Hasanudin, M.Ag., selaku sekretaris Jurusan yang telah membantu dalam segala hal serta motivasinya sehingga skripsi ini selesai.
4.      Dr. Hj. Neni Nuraeni., M.Ag., selaku pembimbing I dalam penulisan skripsi ini, terima kasih atas bantuannya dan bimbingannya.
5.      Drs. H. Asep Mustopa, M.Ag. selaku pembimbing II, yang telah membantu penulis dalam penelitian skripsi ini.
6.      Terima Kasih untuk kakaku Teh Alus, Aa Darkat atas dukungan moril dan materinya penulis mampu melanjutkan kuliah hingga selesai.
7.      Untuk Pihak Badan Wakaf Indonesia (BWI) Pusat dan Tabung wakaf Indonesia terutama Bu Nani BWI. yang telah membantu penulis melakukan penelitian ini.
8.      Ayuna Khairunnisa yang selalu sabar dan setia menemani memberikan motivasi dalam setiap langkahku untuk menyelesaikan kuliah ini dan segera menatap masa depan. Lanjutkan kuliah juga yah my dear.  Nuhun kanggo doa, dukungan, perhatosan, pengertian sareng kasabaran na. Serta keluarga besar Bpk. Anang Suryana di Handap herang yang terus mendukung dan memotivasiku, hatur nuhun bapak Camer :D
9.      Terima kasih juga kepada Keluarga Mahasiswa banten (KMB) Bandung, Perguruan Silat Pusaka Saputra Paku Banten (PS-PSPB) Bandung, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rasyakum Komisariat UIN SGD Bandung, KKN 98 Situbatu, Rumah Gandol Vijaya, Anti Gegana’s Squad (Ajeng, Akfah, Chandra, Anwar) terima kasih atas pengalaman, ilmu, dan juga kekeluargaan yang selalu penulis rasakan.
10.  To my best friend, Budak Banten, Agung, Risnu, Nakhry, Aris, Defi, Noval, Amid dll terima kasih atas semua dukungannya, canda tawa dengan kalian luar biasa, smoga kita bertemu di persimpangan yang lain dengan suasana yang berbeda, good luck for u all my friend :D
11.  Teman seperjuangan di jurusan Muamalah, terutama kelas Muamalah Crot dan juga HBS B yang memberikan semangat “ kalian semua luar biasa”. Semoga segala amal baiknya mendapat balasan dari Allah SWT, amin.
12.  Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu membantu dengan segala kekuatan dan kemurahan hatinya
Penulis  menyadari  bahwa  Skripsi  ini  tidak  lepas  dari  kekurangan,  maka kritik  dan  saran  sangat  penulis  harapkan,  semoga  sebuah  karya  ini  dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya. 
Jazakumullahu khairan katsiran
Wassalamualaikum WR.Wb.



Bandung, 23 Mei 2017


    Penulis








DAFTAR ISI

LEMBAR PERSETUJUAN ........................................................................
LEMBAR PENGESAHAN .........................................................................
ABSTRAK .....................................................................................................
KATA PENGANTAR ......................................................................................
DAFTAR ISI ................................................................................................. ....     
DAFTAR GAMBAR ....................................................................................

BAB I  PENDAHULUAN ............................................................................... 1
A.    Latar Belakang Masalah ...................................................................... .. 1    
B.     Rumusan Masalah ................................................................................ .. 8    
C.     Tujuan Penelitian  ................................................................................ .. 8
D.    Kegunaan Penelitian ............................................................................ .. 9    
E.     Studi Terdahulu  ..................................................................................  10
F.      Kerangka Pemikiran  ............................................................................ 12
G.    Langkah-langkah Penelitian  ............................................................... 22    

BAB II LANDASAN TEORITIS TENTANG WAKAF SAHAM DAN KARAKTERISTIK SAHAM SYARIAH DI DAFTAR EFEK SYARIAH (DES) ................... 28
A.    Wakaf .................................................................................................. 28
1.      Pengertian Wakaf ......................................................................... 28
2.      Pengertian Wakaf Secara Istilah ................................................... 29
B.     Dasar Hukum wakaf ............................................................................ 30    
1.      Wakaf Berdasarkan Hukum Islam ................................................ 30
2.      Wakaf Berdasarkan Hukum Positif ............................................... 37
C.     Unsur-unsur dan Rukun Wakaf ........................................................... 39
1.      Orang Yang Berwakaf ................................................................. 39
2.      Syarat Barang Yang Diwakafkan  ................................................ 40
3.      Syarat Mauquf ‘Alaih .................................................................... 44
4.      Lafadz Penyerahan Wakaf ........................................................... 46
D.    Saham Syariah ..................................................................................... 52
1.      Pengertian Saham Syariah ............................................................. 52
2.      Landasan Hukum Saham Syariah .................................................. 58
3.      Asas-asas Hukum Kebendaan Saham............................................ 62
E.     Daftar Efek Syariah ............................................................................. 63
1.      Pengertian daftar Efek Syariah ..................................................... 63
2.      Macam-macam Daftar Efek Syariah ............................................. 64
3.      Produk Daftar Efek Syariah .......................................................... 65

BAB III ANALISIS WAKAF SAHAM PADA EMITEN YANG KELUAR DARI DAFTAR EFEK SYARIAH .......................................................................................... 68
A.   Kondisi Objektif Badan wakaf Indonesia .......................................... 68
1.      Sejarah Pendiran ............................................................................ 68
2.      Visi dan Misi ................................................................................. 69
3.      Struktur Organisasi Kerja .............................................................  70
4.      Dasar Hukum Tabung wakaf Indonesia ........................................ 71
5.      Produk Tabung Wakaf Indonesia ................................................. 72
B.     Mekanisme Investasi Wakaf Melalui Instrumen Saham ...................... 76
1.      Wakaf Uang yang Diinvestasikan Melalui Saham ....................... 76
2.      Wakaf Saham Melalui Uang .........................................................  77
3.      Wakaf Uang yang Disusun dalam Skim Saham Sebagai Penyertaan dalam Wakaf       ....................................................................................................... 79
4.      Wakaf Saham Milik........................................................................ 80
C.     Karakterisrik Emiten Pada Daftar Efek Syariah ..................................  82
D.    Analisis Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Wakap Saham Oleh Emiten yang Keluar dari Daftar Efek Syariah ........................................................................................ 88
1.      Wakaf Saham Untuk Kesejahteraan Ekonomi Umat .................... 88
2.      Implementasi Wakaf Saham Pada Emiten yang Keluar dari Daftar Efek Syariah            89

BAB IV PENUTUP ...................................................................................... 95
A.    Kesimpulan ........................................................................................... 95
B.     Saran-saran ........................................................................................... 97
DAFTAR PUSTAKA                                                                                              
LAMPIRAN                                                                                                  























Komentar